PROGRAM PENINGKATAN PERTANIAN DENGAN PENDEKATAN TERPADU DI KAB.SBD (PERMATA)

Lokokaki – Pasolapos.com,

Kualitas pengembangan dalam bidang pertanian yang ada di Sumba Barat Daya di nilai belum begitu terkelolah dengan baik, pasalnya bahwa selama ini parah petani umumnya masyarakat sumba barat daya dan kususnya poktan yang bergerak dalam bidang pertanian belum begitu maksimal dan masih perlu di berikan pelatihan dan sosialisasi dari instansi pemerintah terkait dalam bidang pertanian.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete didampingi Kadis Pertanian SBD,Rofinus Kaleka yang memegang buah terong.Terlihat Bupati dan Kadis tersenyum puas hasil Kelompok Tani Sesibu.

Dan pada hari ini Selasa (28/06/2022) telah diadakan kegiatan Program Peningkatan Mata pencaharian pertanian Dengan pendekatan Terpadu di Kabupaten Sumba Barat Daya(PERMATA), dalam bidang EXPO SAYURAN RAINBOW GARDEN Kelompok Tani SESIBU, Desa Weelonda, Kec.Kota Tambolaka, tepatnya berada di halaman kebun Seminari Sinar Buana, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam budidaya sayuran yang maksimal sehingga dapat di rasakan manfaatnya.

 

Yayasan Bina Tani Sejahtera dibentuk pada tahun 2014 dan bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan yang di dukung oleh William dan Lily Foundation dan berperan aktif sebagai pemberi Hiba(grand making) untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi. terdapat 9 jenis tanaman yang di budidayakan di antaranya: Labu Madu, Terong, Kol, Cabe rawit, Sayuran Daun, Paria, Tomat dan Bunga yang di budidayakan dalam kebun kelompok tani SESIBU. Dalam kegiatan EXPO RAINBOW GARDEN Kelompok Tani SESIBU di buka dengan resmi oleh Bupati Sumba Barat Daya, dr.Kornelis Kodi Mete melalui pengguntingan pitah sebagai tanda di bukanya kegiatan EXPO/Pameran sayuran dan buah di SESIBU Sekaligus memantau langsung lokasi halaman perkebunan kelompok Tani Sesibu serta secara perdana bupati SBD Memanen Hasil kebun yang di tanam oleh kelompok tani SESIBU.

 

Di lihat dari hasil dan buah yang dihasilkan berkat dari perawatan yang benar-benar terkelolah dengan baik dan terjamin dalam hal pemupukannya, sehingga menghasilkan buah yang lebih besar dari yang biasa di jual di pasaran dan juga yang di tanam secara pribadi Dan utamanya juga di karenakan masi sangat kekurangan air.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete saat dalam sambutannya.

Terkait Dengan keberhasilan Petani SESIBU,mendapatkan aspresiasi dari pemerintah kabupaten Sumba Barat Daya khususnya Bupati Sumba Barat Daya, dr.Kornelis Kodi Mete.

 

“Selamat kepada pokta SESIBU,dan kita sudah menyaksikan hasil yang begitu baik,dan kita sudah panen bersama,tentu hasil ini tidak sekedar kita capai, kalau tanpa kerja keras dan kerja cerdas.Maka dari itu harus kerja keras,kerja cerdas dan kerja tulus, kerja pintar untuk menjadi satu kesatuan untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal.Dan terimakasih kepada poktan SESIBU,terima kasih kepada YBTS,terima kasih kepada WLM dan terima kasih kepada orang-orang cerdas dan tulus dan ini kita akan siarkan untuk seluruh masyarakat SBD bahwa parah petani bergerak untuk menanam-Menanam dan menanam ungkapnya”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut: Kadis pertanian dan Perkebunan, Kadis PUPR, Kapolres SBD(Perwakilan),Camat Kota Tambolaka, Babinsa, dan para pengelola kelompok SESIBU, Para ketua kelompok dan Ketua BPP.

Red(Paul/Aten).

Tinggalkan Balasan