Pengerjaan Peningkatan Jalan Dalam Kota.

Tambolaka,Pasolapos.com – Harapan masyarakat akan perbaikan guna peningkatan jalan dalam kota saat mulai terealisasi.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Bidang Bina Marga) Kabupaten Sumba Barat Daya, CV. Citra Mandiri sebagai kontraktor pelaksana kegiatan, melakukan perbaikan disepanjang jalan pusat kota yakni Jln. Cendana (depan SMK. Pancasila Tambolaka), dengan ukuran jalan sepanjang 900 meter, lebar keseluruhan 8 meter (ditambah bahu jalan kiri kanan serta saluran air ).

Berdasarkan kontrak kerja, CV. Citra Mandiri yang bertempat di jln. Weetebula Kab. SBD ini akan bekerja selama 180 hari kalender, terhitung tanggal 26 Maret – 21 September 2021, dengan nomor kontrak 59/PPK.2-BM/PUPR/SBD/lil/2021 dan nilai kontrak sebesar Rp. 1.714.101.071,00 ( satu milyar tujuh ratus empat belas juta seratus satu ribu tujuh puluh satu rupiah ).

Adapun dalam pelaksanaannya Dinas PU akan melakukan pengawasan guna memaksimalkan hasil pekerjaan sehingga tidak ada komplein masyarakat di kemudian hari.

Hironimus Mete,ST

 

Saat dijumpai Media pada hari sabtu, 10 April 2021, Hironimus Mete selaku PPK/ Pejabat Pembuat Komitmen wilayah II Bina Marga, menjelaskan secara rinci bahan yang digunakan dalam pengerjaan jalan tersebut dan menanggapi terkait masyarakat yang mengatakan bahwa adanya pencampuran antara pasir kali dan pasir laut.

“sesuai dengan rap,kami menggunakan pasir pasang.Pasir pasang itu tidak merujuk pada pasir laut. Pasir pasang itu lebih halus daripada pasir beton. Pasir pasang kecendrungannya ke pasir kali” ucap Nimus.

Tetapi dalam prosesnya, belum tentu didapatkan campuran pasir halus dan pasir kasar yang seimbang. Untuk itu pekerja melakukan penyortiran lagi agar mendapatkan pasir yang halus lalu dicampur dengan pasir yang kasar, sehingga dalam penggunaanya dapat seimbang, karena apabila pasirnya terlalu kasar hasilnya tidak akan bagus, Sambungnya.

Menurutnya pula pasir pasang/kali itu tidak selamanya berwarna kehitaman melainkan ada juga yang terlihat berwarna putih kecoklatan, dan jika terjadi pencampuran antara pasir laut dan pasir kali akan dengan mudah diketahui dari warnanya, Tambahnya.

 

Adi H. Zakarias Ano, A.Md konsultan Pengawas CV. El Emunah
Selaku Pengawas Lapangan, saat diwanwancarai juga menjelaskan bahwa dalam proses nantinya pihak kontraktor akan saling berkoordinasi dengan pihak terkait yakni dinas dan PPK.

” Masing-masing pihak akan memiliki pengawas lapangan baik dari Dinas, PPK dan CV pelaksana kegiatan, yang akan saling berkoordinasi. Sehingga apabilah terdapat kendala saat proses nantinya dapat diselesaikan atau ditindak, guna mencega dan menghindari persoalan yang tidak diinginkan”tutur Zakarias.

Dengan perbaikan jalan ini kedepannya diharapakan dapat bermanfaat bagi warga yang melalui jalan tersebut dalam hal memberikan kenyamanan saat berkendara ataupun berjalan melewati jalan ini.

Sala satu warga yakni Lukas Ama yang setiap hari melewati jalur ini menuturkan bahwa perbaikan jalan tersebut sangat tepat dilakukan karena dilihat dari strategis jalan yang berada tepat di jalur ibu kota, sehingga dengan diperbaikinya jalan ini, kedepannya ibu kota semakin terlihat lebih tertata.

Dirinya juga berharap agar pemerintah kedepannya terus memperhatikan kondisi jalan yang berada di kab. SBD.

” Kedepannya semoga pejabat yang berwenang terus memperhatikan kondisi masyarakatnya, bukan hanya jalan saja melainkan hal-hal yang memang perlu dan sesuai kebutuhan masyarakat ” ucap Lukas mengakhiri..

Tinggalkan Balasan