Penyortiran Surat Suara Mencapai 90 Persan

Sekretaris KPU Agustinus D.Renna.

Tambolaka – Pasolapos.com || Pemilihan umum tinggal menghitung hari lagi,tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024 masyarakat berbondong-bondong kesetiap pps untuk melakukan pemilihan .Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai melakukan kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara di Rumah Budaya Kota Tambolaka.

 

 

Sekretaris KPU SBD, Agustinus Damma Renna mengatakan, surat suara tersebut adalah surat suara calon DPR RI, DPRD Provinsi, surat suara DPRD Kabupaten/Kota, surat suara DPD hingga surat suara Capres dan Cawapres.

 

 

“Terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti, yang pertama adalah melakukan sortir terlebih dahulu untuk memisahkan yang rusak. Setelah itu, surat suara yang utuh baru dilipat,” kata Agustinus, beberapa waktu lalu di bulan Januari 2024.

 

Agustinus menguraikan beberapa faktor kerusakan tersebut, di antaranya meliputi ketidakrataan, kejelasan, ketidakterbacaan, dan banyaknya noda yang terdapat pada hasil cetak warna surat.

 

“Ada surat suara terlipat, kerutan, rusak, tidak cocok dengan warnanya. Nama dan logo partai kurang lengkap, dan gambar logo KPU tidak terlihat dengan jelas,” urainya.

 

 

Setelah itu, lanjut dia, ada kesalahan pada kolom nomor urut atau kolom nama calon pasangan, yang memberikan kesan telah dicoblos, foto calon dan pasangan calon yang tidak jelas, serta warna lambang partai yang tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh KPU Pusat.

 

Dia mengatakan bahwa beberapa surat suara yang dicetak dengan cacat masih bisa dipergunakan.

 

 

Ia mencontohkan jika terdapat bagian garis tepi yang terputus atau beberapa gangguan yang tidak terlalu mencolok, maka masih dianggap dapat dipakai dengan sebaik-baiknya.

Benjamin Ndapa,kasubag Kul,bersama staf KPU Ema Fernandes dan Yubilate Wadoe.

 

Saat ini semenjak surat suara tiba setelah beberapa waktu tidak terlalu lama berlangsung sortir dan lipat surat suara yang dilaksanakan di Rumah Budaya Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

 

 

“Sekarang teman-teman sedang melakukan sortir, surat suara DPRD Kabupaten untuk lima dapil sudah selesai. Kemarin itu sudah mulai lagi untuk DPRD Provinsi,”jelas Agus.

 

(Red***Paul)

Tinggalkan Balasan