KUASA HUKUM KARYAWAN PT JAS MENANTIKAN JAWABAN ATAS UPAH YANG TIDAK SESUAI UU NAKERTRANS

Kuasa Hukum Meltripaul Emanuel Rongga.

TAMBOLAKA, PASOLAPOS.COM –Kehadiran PT Jas di bandara Lede Kalumbang merupakan perusahan yang dipercayakan oleh kementerian Perhubungan dalam melaksanakan program kebersihan lingkungan bandara Lede Kalumbang,Tambolaka.dapat mempekerjakan karyawan Cleaning Service(CS)di area bandara,disamping itu dapat menempatkan karyawan sesuai peruntukan berdasaarkan petunjuk dari PT JAS.dalam penentuan upah pasti merujuk pada aturan UU Ketenagaan kerja,namun pelaksanaan tidak sesuai upah yang diberikan kepada karyawan.terkait persoalan ini,Kuasa hukum Meltripaul Emanuel Rongga, SH, M.Pd telah memberikan surat somasi kepada PT Jaya Anoegrah Sentosa (JAS), dengan nomor: 94/ Kantor Hukum Adv.Meltripaul E. Rongga, SH, M. Pd / IX / 2023.

 

Hal ini disampaikan Pengacara muda Sumba ini ketika dikonfirmasi media Pasolapos.com pada, Rabu (25/10/2023).

“Kami sudah somasi. Dua tiga hari ke depan kalau belum ada respon, kami somasi kedua lagi,” kata pendiri Kantor Hukum Adv. Meltripaul Emanuel Rongga, SH, M.Pd.

 

Paul menyampaikan bahwa sebanyak 8 orang kliennya yang dirumahkan sepihak oleh perusahaan PT JAS yang beroperasi di Bandara Lede Kalumbang Kota Tambolaka, Sumba Barat Daya, NTT.

 

“Kalau tidak respon. Kita akan lakukan langkah hukum, kita lihat saja nanti hukum pidana atau perdata, kita tunggu saja respon dari pihak perusahaan terkait,” ujar ayah dua anak itu.

 

Paul menguraikan bahwa rincian gaji kliennya yang dirumahkan sepihak tidak merata, gaji kliennya selama menjadi karyawan PT JAS sebagai Cleaning Service (CS), terhitung sejak hari pertama kerja hingga akhirnya diberhentikan sepihak dari pekerjaannya tidak mengalami kenaikan upah.

 

Menurut Paul(Advokat) barusan kami dapat salinan lembaran perjanjian kerja waktu tertentu terhadap salah satu karyawan bernomor:018/INT/JAS/HRD/V/2023.tertanggal 1 Mei 2023″Ada yang Rp.800.000.sedangkan ada juga yang Rp1.500.000,tapi SK Kontraknya belum dapat. klien saya sudah selesai masa training selama tiga bulan sejak hari pertama kerja sampai dinonaktifkan tidak mengalami kenaikan,” urainya.

Salinan SK KONTRAK dari PT JAS kepada Karyawan.Ini salah satu karyawan yang diberikan copy dari Dinas Nakertrans.

Sementara itu, berdasarkan surat keputusan (SK) kerja seorang karyawan yang diperoleh media ini, karyawan CS PT JAS diberi gaji pokok Rp500.000, uang makan Rp150.000 dan uang transportasi Rp150.000, sehingga jumlah gajinya dalam SK yang diperoleh media ini per bulan sejumlah Rp.800.000.menurut kuasa Hukum tidak sesuai UU Ketenagakerjaan.

 

Direktur PT JAS Handy Firmansyah Adnan saat dihubungi siang jam 13.38 wite secara terpisah hingga saat ini belum memberikan respon.

Tinggalkan Balasan